Monday 14 March 2016

Cara Memperluas Jaringan WiFi serta mempercepatnya


WiFi dikenal sebagai jaringan yang digolong cepat, namun WiFi mempunyai jarak tertentu. Sehingga berada di tempat yang jauh dengan WiFi signalnya lemah bahkan tidak bisa terhubung dengan jaringan.

WiFi di Indonesia memang masih kalah dari luar negeri dari segi kecepatan maupun luas daerah yang bisa dijangkau sehingga membuat para pengguna WiFi mencari - cari solusi untuk mengatasi jaraknya WiFi.

1. Arahkan Router ke Ponsel/PC yang terhubung dengan WiFi

Dengan mengarahkan router ke arah ponsel/pc yang terhubung akan memfokuskan jaringan WiFi tertuju pada objek tersebut sehingga kecepatannya pun meningkat, begitu juga jangkauannya.


2. Terhubung pada WiFi dengan sedikit barang yang terhalang

Barang yang menghalangi jalannya WiFi pada objek tersebut memperlambat koneksi/memperpendek jangkauan WiFi, sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meletakan barang disekitar WiFi - Penghubung. Makin sedikit barang yang menghalangi makin baik pula jaringan WiFi-nya.


3. Mengupdate Software yang berhubungan dengan Jaringan

Dengan mengupdate software/driver yang berhubungan dengan jaringan dapat mengatasi pendeknya jangkauan WiFi, karena yang namanya update adalah meningkatkan dengan begitu kta dapat merasakan peningkatannya, hal ini bergantung pada seberapa jauh si developer mengembangkan Software tsb.


4. Disable/Menonaktifkan Aplikasi yang dapat memakan jaringan

Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, pada processes lihat pada tab "Network" jika ada aplikasi yang sudah tidak ingin digunakan namun belum di matikan yang memakan Jaringan maka klik kanan kemudian "End Task"


5. Mengganti Hardware Wifi

Hal ini merupakan cara yang terampuh, dengan mengganti Hardware WiFi yang lebih baik maka pengaruhnya akan sangat terasa, (jika diganti dengan yang lebih baik)



Semoga dapat meningkatkan kecepatan serta memperluasa jaringan WiFi kalian.

Sekian dan Terima Kasih


No comments:

Post a Comment