Tuesday 3 May 2016

Perbandingan Kamera Mirroless dan DSLR



1. Mirrorless

Sesuai dengan namanya, kamera ini tak memiliki mirror seperti pada kamera DSLR. Tidak adanya komponen (yang juga memakan banyak ruang) tersebut terbukti membuat kamera ini bisa membaca setiap gambar yang masuk pada sensor dengan lebih cepat.
Pada dasarnya, kamera akan memerintahkan lensa untuk mencari titik fokus hingga mencapai kontras maksimum. Inilah yang kemudian disebut dengan Contrast Detect. 

2. Phase detection vs contrast detect AF

Jika ditinjau secara sistem, contrast detect akan bekerja lebih lambat dibanding phase detection seperti yang biasanya terdapat pada kamera DSLR. Namun hal inilah yang membuat fokusnya lebih akurat dibanding kamera DSLR.
Pada prinsipnya, kamera lebih dahulu menggerakkan lensa untuk mencari kontras tertinggi. Setelah itu, barulah ia menggerakkan komponen lain. Sistem ini sangat ampuh untuk memotret objek diam. Dari sisi keakuratan fokus membidik objek diam inilah yang membuatnya lebih baik dari DSLR.

3. Hasil foto Canon EOS 5D Mark II

Kamera Canon EOS 5D Mark II, dipadukan dengan lensa fix 85mm F/1.8. Ketika dicoba, bahkan kamera sekelas EOS 5D pun harus beberapa kali melakukan kalibrasi agar fokusnya tidak meleset, terutama saat menggunakan aperture lebar.

4. Manual fokus

Akurasi tersebut juga sangat terasa ketika Anda mengubahnya ke mode manual. DSLR sering membuat kesalahan dalam mencari titik fokus ketika menggunakan 

Jadi, bagaimana menurut kalian ? bagusan mana ?

No comments:

Post a Comment